5.05.2009

Indahnya Merencanakan Masa Depan Anak

RULINK SYARIAH (PRUSYARIAH) adalah program UNIT LINK SYARIAH yang memproteksi Nilai Ekonomi Keluarga yang mengalami musibah akibat resiko meninggal dunia, cacat tetap total atau sakit kritis, melalui usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang/ pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan / atau tabarru' yang memberikan pola pengembalian melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah, PLUS INVESTASI PRIBADI para peserta yang pengelolaannya didasarkan konsep Syariah.

AKAD dan KONSEP INVESTASI Prulink-syariah tidak mengandung gharar (penipuan), maysir (perjudian), riba, dzulm (penganiayaan), risywah (suap), barang haram dan maksiat.

PRULINK-SYARIAH DAN DASAR HUKUM .

Al-qur’an : “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahtera-an) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS. an-Nisa’ [4]: 9).

Atau selengkapnya lihat di:http://www.geocities.com/niharder/Prudential/FatwaDSN-asuransi.pdf

HADIST : "Pergunakanlah lima hal sebelum datangnya lima perkara; muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit dan hidup sebelum mati." (Hadist Riwayat Muslim)

PRU LINK SYARIAH MENGHINDARI HAL-HAL SBB:
Gharar (ketidakpastian)
Maisir (judi atau gambling)
Riba (rente)

Bisa dilihat dihttp://www.geocities.com/niharder/Prudential/hal-hal_yang_dihindari.pdf

PRULINK SYARIAH DAN MANFAAT KEIKUTSERTAAN:
1. MANFAAT PERLINDUNGAN ASURANSI: (yang dikelola dari hasil investasi Rekening Tabarru’)

· MANFAAT PERLINDUNGAN DASAR : Meninggal atau Cacat Tetap Total.

· MANFAAT PERLINDUNGAN TAMBAHAN (RIDERS) :

PRU Crisis Cover Syariah 34.
PRU Crisis Cover Benefit Syariah 34.
PRU Accident Death & Disablement Syariah.
PRU Accident Death Syariah.
PRU Medical Syariah.
PRU Hospital & Surgical Syariah.
PRU Link Term Syariah.
PRU Waiver Syariah 33.
PRU Payor Syariah 33.
PRU Spouse Waiver Syariah 33.
PRU Spouse Payor Syariah 33
PRU Parent Payor Syariah 33

2. MANFAAT KEUNTUNGAN INVESTASI : (yang dikelola dari hasil investasi Rekening Pru Saver Syariah)
Hasil Investasi Yang Memuaskan Berdasarkan Prinsip Syariah Yang Menghindari Riba.

(Lihat http://www.prudential.co.id/corporate_id/fund/viewFundPricing.do)


3. MANFAAT TAMBAHAN INVESTASI :

Surplus Sharing (lihat di http://www.pojokasuransi.com) adalah dana yang akan diberikan kepada Pemilik Polis bila terdapat kelebihan dari rekening Tabarru’ termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim dan hutang kepada perusahaan - jika ada.

Pilihan Penempatan Dana Investasi :

* Rupiah Syariah Equity Fund (http://www.geocities.com/niharder/Prudential/Semua_Produk_PRU.html#prse )
* Rupiah Syariah Managed Fund (http://www.geocities.com/niharder/Prudential/Semua_Produk_PRU.html#prsm )
* Rupiah Syariah Fixed Income Fund (http://www.geocities.com/niharder/Prudential/Semua_Produk_PRU.html#prsf )

nilai tunai hasil investasi dapat digunakan untuk:

* Pembayaran Cuti premi
* Dana Pendidikan Anak
* Persiapan Dana Pensiun
* Dana Perjalanan Ibadah Haji
* Pengeluaran Tidak Terduga

PRULINK-SYARIAH DIBICARAKAN TERINPLISIT DALAM BUKU LASKAR PELANGI


Senin pagi, kami semua berharap menjumpai Lintang dengan senyum cerianya dan kejutan-kejutan barunya. Tapi ia tak muncul juga. Ketika kami sedang berunding untuk mengunjunginya, seorang pria kurus tak beralas kaki masuk ke kelas kami, menyampaikan surat kepada Bu Mus. Begitu banyak kesedihan kami lalui dengan Bu Mus selama hampir sembilan tahun di SD dan SMP Muhammdiyah tapi baru pertama kali ini aku melihatnya menangis. Air matanya berjatuhan di atas surat itu.

Ibunda guru,

Ayahku telah meninggal, besok aku akan ke sekolah.

Salamku, Lintang.

Ya, demikianlah kutipan karya Andrea Hirata dalam bukunya Laskar Pelangi. Karya yang tidak sengaja diterbitkan oleh penulis kelahiran Pulau Belitung ini, antara lain mengisahkan betapa beratnya perjalanan hidup seorang anak yang ditinggal mati oleh Ayahnya. Anak laki-laki tertua yang genius yang harus berhenti sekolah dan rela membunuh cita-citanya demi mengambil alih peran ayahnya sebagai penanggung jawab nafkah keluarga.

Dari tulisan di atas, saya ingin mencoba mengajak pembaca merenungkan kembali betapa pentingnya melindungi keuangan atau Nilai Ekonomi Hidup (NEH) keluarga kita. Tanpa perencanaan keuangan yang baik, bisa jadi nasib yang dialami oleh Lintang dialami juga oleh anak-anak kita jika kita sebagai tulang punggung keluarga mengalami musibah seperti cacat tetap, sakit kritis atau meninggal.

Betul, kita hanya bertawakkal kepada Allah SWT, tetapi kita juga wajib berikhtiar sebagai makhluk ciptaan-Nya. Merencanakan dan menyisihkan sebagian penghasilan kita merupakan bagian dari ikhtiar kita dalam menghadapi musibah yang kita alami. Seperti halnya nabi Yusuf AS memerintahkan untuk menyimpan sebagian hasil panen, dalam menghadapi masa paceklik di negerinya kala itu.

Sekarang ini telah banyak program yang diperkenalkan oleh lembaga keuangan bank atau non-bank seperti asuransi unit link syariah, takaful syariah atau bancassurance. Untuk unit link syariah, manfaat proteksinya disandingkan dengan investasi yang sesuai dengan syariah Islam.




No comments:

Post a Comment